Sekedar Sharing pengalaman, dan juga sebagai Catatan Pribadi seorang Eko Sartono yang semoga bermanfaat buat orang lain.

Kamis, 13 Maret 2014

Daftar Web Aplikasi Gratis untuk Sekolah

Banyak aplikasi web yang dapat kita pakai secara cuma-cuma atau gratis untuk mendukung kegiatan di kantor ataupun di sekolah. Beberapa contoh aplikasi yang kebetulan pernah saya instal dan gunakan, yaitu:

1. Aplikasi SMS Gateway
  • Kalkun is open source web-based SMS (Short Message Service) management, it use gammu-smsd (part of gammu family) as SMS gateway engine to deliver and retrieve messages from your phone/modem. (langsung copas dari web aslinya di http://kalkun.sourceforge.net/)
 

2. Aplikasi Manajemen Perpustakaan
  • SLiMS (Senayan Library Management System) adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web (yang awalnya) yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas ini dibangun dengan menggunakan basis dataMySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source.
  

3. Aplikasi E-Learning
  •  Moodle, adalah salah satu CMS yang mengkhususkan diri untuk pembelajaran jarak jauh (eLearning), moodle lumayan mempunyai nama didunia CMS untuk elearning. Kata Moodle adalah singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment. Moodle sebagai eLeaning CMS atau sering juga disebut Learning Management Systems (LMS) atau Virtual Learning Environments (VLE) sebuah aplikasi yang dibuat untuk membantu pelaksanaan belajar secara virtual.


4. Aplikasi Photo Sharing
  • Gallery  is an open source project enabling management and publication of digital photographs and other media through a PHP-enabled web server. Photo manipulation includes automatic thumbnails, resizing, rotation, and flipping, among other things. Albums can be organized hierarchically and individually controlled by administrators or privileged users.
 

0 komentar :

Posting Komentar