Sekedar Sharing pengalaman, dan juga sebagai Catatan Pribadi seorang Eko Sartono yang semoga bermanfaat buat orang lain.

Kamis, 24 Mei 2012

Nasehat (Alm) Ust. Zainudin MZ

(Alm) Ust. Zainuddin MZ
Sudah cukup lama tidak mendengar nasehat beliau yang dulu sering kita dengar di tv, walaupun sekarang ada penerus beliau yang suaranya mirip (anaknya ya pasti mirip ... ). Nah, pas lagi mampir ke kantor Guru Putra ada yang nyetel ceramah ust. Zainuddin MZ. Dan ada salah satu nasehat beliau yaitu : 
  • Belajar di waktu pagi
  • Bekerja di waktu siang
  • Makan di waktu sore
  • Tidur di waktu malam. 
Maksudnya apa ?
Jadi begini,

1. Belajar di waktu pagi
Belajar di waktu pagi artinya Belajar saat kita masih muda. Karena saat masih muda otak masih baik untuk menerima pelajaran. Dan dengan belajar saat kita masih muda kita bisa mempersiapkan diri untuk hari yang akan datang, jadi kita saat muda kita haruslah rajin-rajin belajar, bukan saja dari sekolah atau kursus, tapi juga dari kejadian-kejadian di sekeliling kita.

2. Bekerja di waktu pagi
 
Bekerja di waktu siang artinya bekerja saat kita mulai dewasa. Karena dengan bekerja saat kita mulai dewasa, tenaga masih kuat dan kesehatan masih baik. Akan tetapi saat pagi kita tidak belajar, maka kita tidak punya bekal untuk bekerja di waktu siang, maka persiapan saat pagi hari dengan belajar dan membantu kita saat siang dapat dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Dan hasil bekerja menjadi modal kita untuk persiapan di waktu sore. Bekerja bukan saja menjadi seorang pegawai tapi bisa juga kita mempekerjakan orang lain.


3. Makan di waktu sore
Makan di waktu sore artinya kita menikmati hasil dari pekerjaan kita di waktu siang tadi, karena saat sore sudah mulai sulit untuk kita bekerja, tenaga sudah cepat lelah, kesehatan dan stamina mulai menurun. Maka persiapan pagi dan usaha di waktu siang menjadi modal yang penting saat kita menjelang sore.

4. Tidur di waktu malam
Dan tidur di waktu malam adalah waktu kita menjelang kematian. bisa kita bayangkan saat kita terlambat untuk belajar, terlambat untuk bekerja, maka kita tidak dapat menikmati makan di waktu sore, sehingga sulit tidur di waktu malam. 

So ... manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. Karena setiap kesempatan itu tidaklah datang dua kali, maka manfaatkanlah setiap kesempatan yang ada. Manfaatkan nikmat waktu, sehat, kesempatan. Itulah tanda rasa syukur kita pada ALLAH SWT. Sehingga saat kematian menjelang, kita dapat tidur dengan nyenyak dan nyaman.

Thank's to (alm) ust. Zainuddin MZ yang telah sampai pada waktu malam beliau.

0 komentar :

Posting Komentar